Jumat, 05 Desember 2008

Merindukan Tuan Muhammad Natsir (Tokoh Indonesia Yang Mendunia Dengan Keluhuran Budi)

Muhammad Natsir, siapa yang kenal beliau? tentunya ada yang kenal maupun ada yang tidak. Karena kenal-mengenal adalah sebuah bentuk relatif dari yang ada pada manusia.
Bagi yang mengenal beliau dan sangat tertarik pada pemikirannya, tentu merasakan betapa segar dan relevannya pemikiran-pemikiran M. Natsir dalam konteks bernegara maupun agama.

Namun bagi yang belum tahu atau sekedar mendengar namanya, tentu diharapkan dapat menghargai beliau sebagai seorang pahlawan. bukankah bangsa yang besar adalah menghargai jasa para pahlawannya? Tahukah jasanaya, dan pandangan beberapa tokoh terahdap beliau.

Tulisan ini hanya sedikit mencoba mendeskripsikan jejak beliau yang mendunia, mohoon maaf bila ada ketidak validan data dan kurang mengangkat pemikiran beliau, mengingat tulisan ini mengalami keterbatasan data.

Bagi yang merasa tulisan ini bernada tendensius dan mengabaikan peran tokoh yang lain, silakan..!!! karena sudut pandang seseorang berbeda, namun perlu ditegaskan bahwa tulisan ini menampilkan sosok dan jejak tentang tuan Natsir, dan silakan menginterpretasikan tulisan ini sendiri.

Nama lengkapnya adalah Muhammad Natsir dan bergelar minang Dato Sinaro Panjang (Alahan Panjang, Minangkabau, Sumatera Barat, 17 Juli 1908–Jakarta, 6 Februari 1993).
Merupakan tokoh Indonesia yang melegenda. Kontribusinya terhadap bangsa dan negara umumnya dan agama Islam khususnya merupakan sesuatu yang tak terbantahkan.

Natsir adalah seorang yang jujur, sopan, halus tutur katanya, penyayang, dan pembimbing bagi setiap orang yang mengenalnya. Perjuangan dan kerja keras beliau membangun negeri ini sungguh sangat berharga bagi kelangsungan bernegara dan lapangan dakwah Indonesia.(maaf belum habis ditulis)

Tidak ada komentar: